Penguatan Pendidikan Anak Usia Dini melalui Program Pendidikan Berbasis Inklusi di Kabupaten Sukabumi

Isi Artikel Utama

Yusuf Iskandar

Abstrak

Penelitian ini menyelidiki efektivitas program pendidikan berbasis inklusi di Kabupaten Sukabumi, yang bertujuan untuk memperkuat pendidikan anak usia dini. Dengan menggunakan desain penelitian kualitatif, penelitian ini mempelajari implementasi, dampak, tantangan, dan peluang yang terkait dengan program tersebut. Melalui wawancara, diskusi kelompok terfokus, dan analisis dokumen, wawasan diperoleh dari para pemangku kepentingan utama, termasuk guru, orang tua, administrator sekolah, dan anggota masyarakat. Hasilnya menunjukkan struktur program yang dirancang dengan baik, keterlibatan masyarakat yang aktif, dan dampak positif terhadap kemajuan akademis dan perkembangan sosial. Namun, tantangan dalam pelatihan guru dan alokasi sumber daya diidentifikasi. Temuan ini membawa implikasi terhadap kebijakan dan praktik, dengan menekankan pentingnya pelatihan guru yang berkelanjutan, keterlibatan masyarakat, dan alokasi sumber daya untuk keberlanjutan inisiatif pendidikan inklusif di Kabupaten Sukabumi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Iskandar, Y. (2024). Penguatan Pendidikan Anak Usia Dini melalui Program Pendidikan Berbasis Inklusi di Kabupaten Sukabumi. Eastasouth Journal of Positive Community Services, 2(02), 123–131. https://doi.org/10.58812/ejpcs.v2i02.217
Bagian
Articles

Referensi

Irawan, A. (2013). Pengaruh Regulasi, Pembiayaan Dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Efektivitas Manajemen Sarana Prasarana Sekolah, Dan Dampaknya Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Pertama Se Kota Sukabumi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(1).

Mazrur, M., Surawan, S., & Malisi, M. (2023). Moral Education in Early Childhood: The Existence of TPA Darul Amin in Urban Communities. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2791–2800.

Rinta, A. S., Febriana, D., & ... (2022). Strategi Pengelolaan Pemasaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal ….

Saskara, I. P. A., & Ulio, S. M. (2020). Peran komunikasi keluarga dalam mengatasi “toxic parents” bagi kesehatan mental anak. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 125–134.

Shinta, L. G. B., Febriani, A., & Widiati, U. (2022). Teacher-Student Relationships at a Kindergarten School as Viewed from Classroom Management Principles. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 611–621.

Suherman, I. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Di Kota Sukabumi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprihatiningrum, J. (2016). Persepsi Siswa Difabel terhadap Praktik Pendidikan Inklusif di SMA Inklusi di Yogyakarta. INKLUSI Journal of Disability Studies, 3(2), 225–244.

Ulya, N., & Na’imah, N. (2022). Peran Bahan Ajar dalam Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:251612245

Zurriyati, E., & Mudjiran, M. (2021). Kontribusi perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap keterlibatan siswa dalam belajar (student engagement) di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1555–1563.