Pelaksanaan Program Sekolah Perempuan Meraih Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta) Di Kota Bekasi

Isi Artikel Utama

Iqbal Adnawi
Dadan Darmawan

Abstrak

Perempuan merupakan anggota masyarakat yang berpotensi dalam mendukung pembangunan nasional. Namun dalam kenyataannya keberadaan perempuan sering kali dianggap remeh karena memiliki sikap ketergantungan terhadap suami sehingga perempuan rentan mendapatkan kekerasan dalam rumah tangga dan diskriminasi di masyarakat. Maka dari itu, program Sekolah Perempuan Meraih Impian dan Cita-Cita (sekoper Cinta) dapat menjadi solusi untuk meningkatkan potensi dan keterlibatan perempuan dalam pembangunan nasional serta untuk menurunkan permasalahan-permasalahan yang dialami perempuan seperti, KDRT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Sekoper Cinta di Kota Bekasi yang dilaksanakan di Kelurahan Jakasampurna Kecamatan Bekasi Barat. Metode yang digunakan adalah pendekatan masyarakat berupa pelaksanaan pendidikan yang berbasis masyarakat. Hasil penelitian ini adalah bahwa program Sekoper Cinta telah berjalan baik dengan semakin banyaknya perempuan telah meningkatkan kualitas hidup keluarga serta beberapa perempuan yang mulai berwirausaha untuk meningkatkan taraf ekonomi menjadi lebih baik sehingga perempuan dapat lebih berdaya serta angka kekerasan terhadap perempuan dan anak yang telah menurun.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Adnawi, I., & Darmawan, D. (2024). Pelaksanaan Program Sekolah Perempuan Meraih Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta) Di Kota Bekasi . Eastasouth Journal of Positive Community Services, 2(02), 93–101. https://doi.org/10.58812/ejpcs.v2i02.193
Bagian
Articles

Referensi

Alhamidi, Rifat. (2023). Bekasi dan Depok Masuk Daftar Tertinggi Kasus Kekerasan Anak di Jabar. detikJabar. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6562643/bekasi-dan-depok-masuk-daftar-tertinggi-kasus-kekerasan-anak-di-jabar.

Fauziah, Ervati, Nova Yulianti. (2021). Peranan Komunikasi Kelompok Sekoper Cinta dalam Menumbuhkan Kewirausahaan. Prosiding Hubungan Masyarakat, 7 (2), 759-766.

Hertanti, Siti. (2018). Pelaksanaan Program Karang Taruna dalam Upaya Meningkatkan Pembangunan di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Jurnal Moderat, 4 (4), 69-80.

Izzaturrahim, Z. (2021). Sekoper Cinta : Perempuan Dalam Wacana Pembangunan Di Jawa Barat. ENDOGAMI : Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 4 (2), 1–12.

Jumiati, Eti. (2023). Pemberdayaan Perempuan Purwakarta : Meretas Jalan Kemandirian Dan Kesetaraan Melaui Sekoper Cinta di Desa Cipancur Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Sahid Bogor, 2 (2), 71-80.

Nasution, Shinta, Riny Kusumawati. (2023). Perubahan Pola Asuh pada Peserta Sekoper Cinta dalam Upaya Menurunkan Prevalensi Stunting di Jawa Barat. PROMOTOR : Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 6 (4), 440-449.

Nurlatifah, Dini Anjani, dkk. (2020). Proses Pemberdayaan Perempuan Pada Program Sekolah Perempuan Meraih Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta). Az-Zahra : Journal of Gender and Family Studies, 1 (1), 35-45.

Ramdini, Nisa Novia, dkk. (2023). Dampak Program Sekoper Cinta Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga. Journal Obrol Penmas, 6 (2), 61-73.

Sapri, dkk. (2019). Peranan Camat dan Partisipasi Masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Jurnal MODERAT, 5 (2), 33-48

Sofiana, Neng Eri. (2020). Sekoper Cinta : Sekolah Peningkatan Kualitas Perempuan Di Tatar Sunda. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 4 (2), 177–191.

Utami, Destiani Putri, dkk. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi. JIP : Jurnal Inovasi Pendidikan, 1 (12), 2735-2742.

Wahyuni, Santi Sri, dkk. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melaui Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita Di Kota Tasikmalaya. The Indonesia Journal of Politics and Policy, 3 (2), 1-13.