Mahasiswa Melebur dalam Masyarakat Desa Ujungalang, Kampung Laut Cilacap

Isi Artikel Utama

Herdiana Prasetyaningrum

Abstrak

Pengabdian masyarakat diwujudkan dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan di Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap. Pada pelaksanaan KKN ini, awalnya dilakukan observasi untuk menganalisis situasi dan kondisi masyarakat. Kemudian dilakukan identifikasi kebutuhan masyarakat sehingga diterjemahkan ke dalam bentuk sasaran/program kegiatan. Program kegiatan secara garis besar difokuskan pada uji kualitas air, pengelolaan kesehatan dan lingkungan, serta pemberdayaan dan pengembangan potensi wisata. Berdasarkan hasil laboratorium secara fisika dan kimia, air yang diambil dari Gua Batulawang masuk dalam kategori air layak pakai atau air bersih untuk keperluan sanitasi. Kegiatan sosialisasi terkait pengelolaan kesehatan dan lingkungan pada umumnya berjalan lancar. Namun masih butuh bimbingan dalam pengelolaan sampah.


Obyek wisata Kolak Sekancil merupakan Kawasan Wisata Mangrove terbesar di Pulau Jawa. Pada saat KKN dilaksanakan, di era “new normal”, mahasiswa KKN bersama warga melakukan pembersihan dan pembenahan konten/isi papan yang berisi penjelasan jenis-jenis mangrove dan papan petunjuk arah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Prasetyaningrum, H. (2023). Mahasiswa Melebur dalam Masyarakat Desa Ujungalang, Kampung Laut Cilacap . Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(02), 110–121. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i02.71
Bagian
Articles

Referensi

Dimyati, M., Subekti, A., Saryono, S., Widnyana, I. K., Pancoro, A., Kartono, D. T., Awidinnor, H., Hermansyah, H., Siringoringo, H., & Muzakhar, K. (2018). Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Edisi XII Tahun 2018. Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan ....

Dokumen Wilayah Desa Ujungalang. (2022).

Hariyadi, H. (2020). PERAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN EKOSISTEM MANGROVE UNTUK MITIGASI BENCANA: Studi di Segara Anakan, Kab. Cilacap. Kajian, 23(1), 43–62.

Indonesia, P. R. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta (ID): Sekretariat Negara.

Indonesia, P. R. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan Dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua, Dan Pemandian Umum. Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan.

Murdjito, G. (2012). Metoda Pengabdian Pada Masyarakat. Pelatihan Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat.

Permana, D. D. (2022). Laporan Akhir Kuliah Kerja Nyata “Sosialisasi Sebagai Peningkatan Literasi Media Masyarakat Desa Ujung Alang Kecamatan Kampung Laut Kabupaten Cilacap.”