Perspektif Budaya Luar Terhadap Suku Simalungun Suku Simalungun

Isi Artikel Utama

Lastri Sitohang
Novita Hutapea
Nove Sitanggang

Abstrak

Suku Simalungun merupakan salah satu suku Batak  yang berada di wilayah kabupaten Simalungun yaitu Sumatera Utara.kediaman suku Simalungun berada diantara dua suku yaitu suku Batak Toba dan karo .Wawancancara ini merupakan kegiatan percakapan yang menambah wawasan. Hasil wawancara dari narasumber yang kami dapat yaitu pentingnya rasa toleransi dari Suku Simalungun terhadap Suku pendatang. Seperti Narasumber yang kami wawancarai yaitu Ibu Linda yang disambut baik oleh warga sekitar yang berada di suku Simalugun. Ibu Linda merupakan seorang pendatang di wilayah Suku Simalugun yang menikah dengan orang simalungun dan berkediaman di Kabupaten Simalungun yaitu di Siantar,Laras II. Awalnya Ibu Linda yang merasa belum terbiasa dengan budaya simalungun karena Bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari hari adalah Bahasa Daerah yaitu Bahasa Simalungun.Akan tetapi seiring berjalannya waktu Ibu Linda dapat beradaptasi dan  semakin lancar berbahasa Simalungun dikarenakan interaksi dengan penduduk sekitar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sitohang, L., Hutapea, N., & Sitanggang, N. (2024). Perspektif Budaya Luar Terhadap Suku Simalungun: Suku Simalungun. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 2(02), 57–61. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v2i02.214
Bagian
Articles

Referensi

Ellis, R. (1989). Understanding second language acquisition (Vol. 31). Oxford university press Oxford.

Hoed, B. H. (1995). Kerja sama antarpemerintah dan antarlembaga untuk pengembangan BIPA. Fakultas Sastra, Universitas Indonesia.

Planet Batak. (2013). Suku Batak Simalungun. https://planetbatak.blogspot.com/2013/08/suku-batak-simalungun.html?m=1

Suyitno, I. (2007). Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan hasil analisis kebutuhan belajar. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1), 5.

Wikipedia. (n.d.). Suku Simalungun. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Suku_Simalungun