Akselerasi Digital Pengembangan UMKM Berbasis Pariwisata di Desa Wanajaya Kecamatan Cisolok

Isi Artikel Utama

Heliani
Angga Riyansyah
Iqbal Tawakal
Marko Andrianus Sihotang
Neng Anida Al-daniah
Suci Nur Imelda
Vina Herdina
Lusi Oktaviani
Erika Krismonica

Abstrak




Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelaku UMKM dan desa wisata dalam link bisnis produk dengan memfasilitasi pembuatan website, memperluas jaringan pemasaran internet (online), dan meningkatkan kompetensi manajemen pemasaran. Metode pendekatannya adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan secara terus menerus hingga mereka mandiri. Hasil dari kegiatan ini adalah UKM dan pariwisata. Desa Wanajaya ingin mengoptimalkan peran BUMDES, sehingga tidak perlu membuat asosiasi UMKM, mengembangkan website dan membandingkan dengan e-commerce yang telah disediakan oleh tim. Diharapkan omset akan meningkat lebih dari 20 persen.




Rincian Artikel

Cara Mengutip
Heliani, Riyansyah , A., Tawakal , I., Sihotang, M. A., Al-daniah, N. A., Imelda , S. N., Herdina, V. ., Oktaviani , L., & Krismonica , E. (2023). Akselerasi Digital Pengembangan UMKM Berbasis Pariwisata di Desa Wanajaya Kecamatan Cisolok. Eastasouth Journal of Effective Community Services, 1(03), 91–100. https://doi.org/10.58812/ejecs.v1i03.99
Bagian
Articles

Referensi

Purwaningsih, Endang, Suhaeri Suhaeri, and Evie Rachmawati Nur Ariyanti. 2020. “Branding Produk UMKM Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru Melalui Reputasi Merek Dan Basis Informasi Teknologi.” Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 5(1).

Widiyoko, Eko Putro. 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wikipedia. 2012. “Wanajaya, Cisolok, Sukabumi.” https://id.wikipedia.org/wiki/Wanajaya,_Cisolok,_Sukabumi (April 17, 2022).

Wirartha, I Made. 2006. Pedoman Penulisan Usulan Penelitia, Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Andi.