Peningkatan Kapasitas Pelayanan Melalui Hospitality Training (Excellent Service) Bagi Pengelola Destinasi Wisata Wae Bobok

Isi Artikel Utama

Linda Taka

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelayanan melalui Hospitality Training (Excellent Service) bagi para pengelola destinasi wisata Wae Bobok, Kabupaten Manggarai Barat. Aktivitas dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini meliputi pelatihan terkait pelayanan prima dalam rangka kualitas pelayanan, keterampilan berkomunikasi untuk menciptakan pelayanan prima, dan bagaimana mengatasi keluhan tamu atau pelanggan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode edukatif yakni mencakup kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan sebagai sarana transfer ilmu pengetahuan dan pendidikan dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kualitas pelayanan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pengelola destinasi wisata Wae Bobok. Kegiatan ini menghasilkan kemajuan dan peningkatan bagi para pengelola destinasi wisata Wae Bobok terutama pemahaman mengenai pelayanan prima dalam rangka kualitas pelayanan, keterampilan berkomunikasi untuk menciptakan pelayanan prima, dan bagaimana mengatasi keluhan tamu atau pelanggan. Para pengelola destinasi wisata Wae Bobok siap menerapkan ilmu yang telah mereka dapatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya bagi tamu atau pelanggan yang berkunjung ke wisata alam Wae Bobok.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Taka, L. (2023). Peningkatan Kapasitas Pelayanan Melalui Hospitality Training (Excellent Service) Bagi Pengelola Destinasi Wisata Wae Bobok. Eastasouth Journal of Effective Community Services, 1(03), 131–137. https://doi.org/10.58812/ejecs.v1i03.96
Bagian
Articles

Referensi

D.W, T., Mulyadi, D., & Faturrahman, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Dan Manajemen Pemasaran Melalui Web Bagi Pemilik Homestay Desa Wisata Kandri Semarang. Jurnal Abdimas, 20(1), 61–66.

Leo, S. (2017). English for Hotel Supervisory and Managerial Communication. Penerbit Dian Cipta.

Suherian, H., & Yono, B. (2013). Psikologi Pelayanan di Bidang Pariwisata dan Hospitality serta di Berbagai Bidang Bisnis lainnya. Media Perubahan.