Peningkatan Kapasitas Guru Madrasah Melalui Pelatihan Animasi Powerpoint Interaktif

Isi Artikel Utama

Nurlaelah

Abstrak

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi terutama teknologi media pembelajaran yang makin canggih. Penggunaan media pembelajaran yang beragam, menarik dan mengikuti perkembangan zaman, menuntut guru untuk ‘melek teknologi’ (technology literate). Salah satu media yang menarik bagi anak adalah film animasi. Penggunaan animasi dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik/anak memahami dan mengingat pelajaran dan informasi yang disampaikan. Ada tiga metode yang diterapkan dalam kegiatan ini, yaitu metode presentasi, demonstrasi, dan metode praktik, yang akan dilakukan secara terstruktur dan berkesinambunagan Materi pelatihan dapat dicerna dan dipahami oleh para peserta pelatihan PkMD. Terdapat peningkatan motivasi yang tinggi para peserta mengikuti kegiatan pelatihan PkMD ini. Terdapat peningkatan kompetensi para peserta dalam pembuatan power point animasi ditandai dengan hasil karya mereka.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nurlaelah. (2023). Peningkatan Kapasitas Guru Madrasah Melalui Pelatihan Animasi Powerpoint Interaktif. Eastasouth Journal of Effective Community Services, 1(03), 138–149. https://doi.org/10.58812/ejecs.v1i03.57
Bagian
Articles

Referensi

Anderson, RonaldA. (1999). Pemilihan dan pengembangan media untuk Pembelajaran, terjemhan oleh Yusufhadi Miarso, dkk Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Avis, Ben. (1991). Teaching with Media, a paper presented at Technoogy and Education Conference in Athens, Greece.

Brown, H. Douglas. (1994). Principles of Language Learning and Teaching Prentice Hall Regents: New Jersey.

Kamus Besar bahasa Indonesia. (2001). Edisi ketiga, Balai Pustaka, Jakarta.

Panduan Menggunakan Komputer Microsoft Power Point. (2007). untuk SMP/Mts..C.V. Andi Offset

Panduan Cepat Kuasai Ms Power Point. (2010). Baduose Media, Yogyakarta: 2010.