Peningkatan Kapasitas Pengetahuan Siswa/i SMA Di Kabupaten Manggarai Barat Melalui Pelatihan Hospitality Skills

Isi Artikel Utama

Yosef Kurniawan Ukar
Diesy Kencana Suwarno
Katarina Noviming Sakura
Linda Marlince Taka
Yohana Etheldreda Ine Dae

Abstrak

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas hospitality melalui Pelatihan Hospitality Skill bagi siswa/I SMA Negeri 1 Komodo Labuan Bajo. Aktivitas dalam kegiatan ini meliputi pelatihan terkait sosialisasi terkait pengetahuan pariwisata perhotelan, hospitality career dan hospitality skill untuk memberikan pengetahuan tambahan industry pariwisata yang saat ini berkemang pesat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode edukatif yang mencakup kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan sebagai sarana transfer ilmu dan pengetahuan dalam rangka peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di SMA Negeri 1 Komodo Labuan Bajo. Kegiatan ini menghasilkan kemajuan dan peningkatan pengetahuan terutama pemahaman mengenai dunia pariwisata dalam hal ini skill dalam mengembangkan career, yang diharapkan dapat diaplikasikan pada dunia industri di destinasi super prioritas Labuan Bajo.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ukar, Y. K., Suwarno, D. K., Sakura, K. N., Taka, L. M., & Dae, Y. E. I. (2024). Peningkatan Kapasitas Pengetahuan Siswa/i SMA Di Kabupaten Manggarai Barat Melalui Pelatihan Hospitality Skills. Eastasouth Journal of Effective Community Services, 2(03), 144–149. https://doi.org/10.58812/ejecs.v2i03.218
Bagian
Articles

Referensi

Akkermans, J., Schaufeli, W. B., Brenninkmeijer, V., & Blonk, R. W. B. (2013). The role of career competencies in the Job Demands—Resources model. Journal of Vocational Behavior, 83(3), 356–366.

Greenhaus, J. H., Ziegert, J. C., & Allen, T. D. (2012). When family-supportive supervision matters: Relations between multiple sources of support and work–family balance. Journal of Vocational Behavior, 80(2), 266–275.

Jdaitawi, M., Nawafleh, A., Nabrawi, I., Talafha, F., & Mohd, A. (2013). Students’ Perspectives on University Experiences; The Role of Protective Factors in Students’ Lives. International Education Studies, 6(7), 239–246.