Memperteguh Kesiapan UMKM di Kelurahan Sadang Serang Bandung Melalui Pelatihan Pemasaran Digital

Isi Artikel Utama

Rusli Ginting Munthe
Yolla Margaretha
Kezia Kurniawati Nursalin
Sri Zaniarti
Ratna Widiastuti
Felicia Abednego

Abstrak

Pada masa new normal ini membawa banyak perubahan pada perilaku masyarakat dalam mengonsumsi barang/jasa, hal ini dituntut juga kesiapan para UMKM sebagai penyedia produk terutama dalam menyiapkan pemasaran digital untuk memperluas pasar. Dunia digital yang mencakup masyarakat yang lebih luas lebih selektif dalam pemilihan produk yang akan mereka beli, ditambah lagi begitu banyaknya pilihan produk dari produsen yang ada, UMKM yang baru atau yang telah masuk ke dunia digital perlu lebih disiapkan dengan berbagai strategi digital yang up to date. Pada pengabdian masyarakat, tim dosen Universitas Kristen Maranatha ingin memberikan pelatihan kepada masyarakat Kelurahan Sadang Serang Bandung mengenai kesiapan UMKM menuju UMKM go digital, agar lebih siap bersaing di masa new normal ini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ginting Munthe, R., Margaretha, Y., Nursalin, K. K., Zaniarti, S., Widiastuti, R., & Abednego, F. (2024). Memperteguh Kesiapan UMKM di Kelurahan Sadang Serang Bandung Melalui Pelatihan Pemasaran Digital . Easta Journal of Innovative Community Services, 2(03), 122–127. https://doi.org/10.58812/ejincs.v2i03.212
Bagian
Articles

Referensi

Adzkia, K. (2023). Peran Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Bagi Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Banda Aceh Diponegoro). UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Aulia, T. (2022). Analisis Pengaruh Investasi dan Inflasi terhadap Kesempatan Kerja melalui Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Sulawesi Selatan (Kasus 5 Kabupaten/Kota). Universitas Hasanuddin.

Fadhilah, W. R. (2024). Efektivitas Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter Melalui Jalur Suku Bunga Dan Nilai Tukar Di Indonesia. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Hartati, Y. S. (2021). Analisis Pertumbuhan Ekonomi Inklusif di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 79–92.

Hastika B, H. B. (2022). Peran Umkm Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Usaha Warung Terapung Desa Pao Kecamatan Malangke Barat). Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Karo-Karo, R. (2022). Usulan Pokok-Pokok Kebijakan Pembangunan Daerah Dalam Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2022.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Marketing an Introduction. Perason.

Masriansyah, L. (2020). Go digitial and customer relationship marketing sebagai strategi pemulihan bisnis umkm yang efektif dan efisien di masa adaptasi new normal. Equator Journal of Management and Entrepreneurship, 8(4), 126–140.

Muchlis, M. (2020). Peran Bank Syariah Sebagai Penopang Ekonomi Di Masa New Normal. Problematika Ekonomi Dan Pandemi Covid-19.

Permadi, R. N., Sari, M. R., & Prawitasari, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran Produk UMKM. Avant Garde, 10(1), 15.

Prasanti, A. R., Zahrotunnisa, E., & Wahyu, M. F. (2023). Peran Pasar Modal Syariah dalam Mendorong Laju Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Diponegoro Journal of Islamic Economics and Business, 2(2), 105–115.

Regif, S. Y., Seran, M. S. B., Naif, I. Y., Pattipeilohy, A., & Saputri, L. (2023). Literasi Digital Ekonomi Hijau Terhadap Pemberdayaan UMKM Desa di Kabupaten Langkat. Jurnal Ilmu Politik Dan Pemerintahan, 9(1).

Samudra, Y. F., Susantyo, I. F., Handayani, W., Rosyanti, D. M., SE, M. M., Dewanti, M. C., & SE, M. M. (2024). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Pengembangan Dan Pemasaran Produk Umkm Pabean Probolinggo. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 323–333.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta.