Penanaman Nilai - Nilai Religius Kurikulum Merdeka Terhadap Warga Belajar PKBM Media Cinta Ilmu di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lamongan

Isi Artikel Utama

Muhamad Yunus
Kholwatin Kholwatin

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penanaman nilai-nilai religius dari Kurikulum Merdeka terhadap warga belajar PKBM Media Cinta Ilmu di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lamongan. Kurikulum Merdeka telah menjadi inovasi pendidikan yang mendorong pengintegrasian nilai-nilai religius dalam proses pembelajaran di lembaga pemasyarakatan. Studi ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Pengabdian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai religius dari Kurikulum Merdeka memiliki dampak positif terhadap warga belajar PKBM Media Cinta Ilmu. Para narapidana yang mengikuti program ini mengalami perubahan positif dalam perilaku, moral, dan sikap mereka. Mereka menjadi lebih sadar akan nilai-nilai agama dan menjalani kehidupan yang lebih bermakna di dalam lembaga pemasyarakatan. Selain itu, program ini juga membantu mereka untuk lebih siap menghadapi reintegrasi sosial setelah masa tahanan mereka berakhir. Dengan demikian, penanaman nilai-nilai religius melalui Kurikulum Merdeka dapat dianggap sebagai upaya yang efektif dalam memperbaiki kondisi sosial dan moral warga belajar di lembaga pemasyarakatan, serta memberikan peluang yang lebih baik untuk pembentukan karakter yang lebih baik dalam masyarakat setelah mereka bebas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yunus, M., & Kholwatin, K. (2024). Penanaman Nilai - Nilai Religius Kurikulum Merdeka Terhadap Warga Belajar PKBM Media Cinta Ilmu di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lamongan. Easta Journal of Innovative Community Services, 2(03), 115–121. https://doi.org/10.58812/ejincs.v2i03.151
Bagian
Articles

Referensi

Hadiyanti, Puji. 2008. “Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Keterampilan Produktif Di PKBM Rawasari, Jakarta Timur.” Perspektif Ilmu Pendidikan 17 (IX): 90–99.

Hanifa, Millata, Syamsul Arifin, and Izzatul Mardhiah. 2013. “Fungsi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Menengah Atas.” Jurnal Studi Al-Qur’an 9 (2): 139–55.

Karim, Abdul. 2017. “Efektivitas Partisipasi Perempuan Pada Pendidikan Non Formal Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati.” INFERENSI: Jurnal Pengabdian Sosial Keagamaan 11 (1): 119–40.

Minarti, Sri. 2022. Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoretis-Filosofis Dan Aplikatif-Normatif. Amzah.

Novitasari, Tanti. 2016. “Budaya Disiplin Sebagai Dasar Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah plus Al-Islam Dagangan Madiun.” STAIN Ponorogo.

Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta, Ni Ketut Suarni, and I Ketut Suar Adnyana. 2022. “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 8 (02): 238–44.

RIVAI, M U H. 2022. “Efektivitas Pembinaan Keterampilan Narapidana Di Rumah Tahanan Negara Klas Iib Kabupaten Jeneponto.”

Rochgiyanti, Rochgiyanti. 2013. “Pembelajaran Paket B Di Pkbm Barito Kota Banjarmasin.” Jurnal Pendidikan Progresif 3 (2).

Zainudin, Agus. 2020. “Penanaman Nilai-Nilai Religius Dalam Membentuk Akhlak Karimah Bagi Peserta Didik Di MI Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember.” Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2 (1): 19–38.